Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Siapa Aku
AKU CIPTAAN TUHAN YANG MAHA ESA
Tujuan Pembelajaran :
Anak mensyukuri bahwa dirinya adalah ciptaan Tuhan yang sempurna
Anak mulai berinteraksi dengan lingkungannya.
I. Pengembangan Moral dan
Nilai-nilai Agama
Guru menceritakan mengenai ciptaan Tuhan yang
beraneka ragam, kemudian guru memberikan contoh perbedaan yang merupakan
anugrah Tuhan antara lain :
Ukuran Tubuh : Gemuk, Langsing, Kurus
Warna Kulit : Coklat, Kuning, Putih, Hitam
Tinggi Badan : Tinggi, Sedang, Pendek
Rambut : Lurus, Kriting, Ikal.
Penjelasan :
Mengawali setiap kegiatan dengan membaca Basmalah.
Bersyukur atas karunia Tuhan dengan mengucapkan
Hamdalah.
Mengajak anak bersyukur serta mengucapkan
Alhamdulillah (segala puji hanya bagi Allah semata), Subhanallah (Maha suci
Allah), Allahuakbar (Allah yang maha besar).
Guru menjelaskan nama dan sifat-sifat Tuhan dari al
Asmaul Husnah. Dua diantara sifat-sifat Tuhan yang paling sering disebut-sebut
ialah : ar-rahman (Yang Maha Pemurah) dan ar-rahim (Yang Maha Penyayang).
Indikator
: Anak Mampu ...............
menirukan sikap berdoa
menyebut nama Tuhan
menyebutkan contoh ciptaan Tuhan
menirukan lagu-lagu keagamaan
mengucapkan kalimat santun : maaf....., atau
tolong....
kegiatan
:
anak diajak mengenali beragam karunia Tuhan kepada
dirinya. Kegiatan mengenali melalui cerita dan eksplorasi tubuh anak sendiri.
Saat membacakan cerita berikut ini, ajaklah anak; misalnya menutup mata untuk
membuktikan manfaat mata.
II. Pengembangan Sosial Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Manpu ...............
1. Bermain dengan teman-teman sebaya
2. Berpisah dengan orang tua tanpa menangis
3. Menunjukkan rasa sayang
4. Berkomunikasi dengan orang-orang yang
ditemuinya.
Kegiatan
:
guru mengajak anak-anak untuk saling berkenalan :
berjabat tangan sambil menyebutkan nama diri
guru memfasilitasi terjadinya komunikasi diantara
anak-anak, misalnya saling bertanya : kesekolah naik apa? Siapa yang mengantar
ke sekolah?
guru mendorong keberanian anak untuk menunjukkan
sikap mandiri serta menumbuhkan rasa percaya diri. Dapat dilihat pada saat anak
bermain di dalam dan diluar kelas.
III.
Pengembanga Bahasa:
Indikator
: Anak Mampu ...........
menyebutkan nama diri dan orang tua
memberikan reaksi terhadap perintah yang diberikan
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya sendiri
bercerita tentang dirinya dengan kalimat sederhana
menggunakan 3-4 dalam satu kalimat.
Kosa kata yang diperkenalkan :
- rambut lurus
- wajah lonjong - hujan - jujur
- rambut ikal
- angin - anak sulung - sopan
- rambut keriting
- awan - anak bungsu
- wajah bulat
- mendung - orang tua
Kegiatan :
anak mengamati dirinya dicermin agar dapat
mengenali ciri-ciri tubuhnya. Guru meminta anak mengatakan hal-hal yang
terlihat dicermin.
anak-anak mendengarkan cerita guru. Guru bercerita
dengan menggunakan boneka tangan atau gambar.
anak memperkenalkan diri didepan kelas
misalya : Namaku ......, Umurku ......., Nama Ibuku
........., Nama Ayahku ......
IV. Pengembangan Kognisi
Indikator
: Anak Mampu ............
membedakan ukuran sederhana (besar dan kecil)
membedakan bentuk tubuh yang gemuk dengan yang
kurus
menyebutkan dan menunjukkan 5 warna
menyebutkan urutan bilangan 1 sampai dengan 10
(tanpa mengenal konsep).
Kegiatan :
Anak diajak bereksplorasi menggunakan sensori
metorik untuk mengenal konsep ukuran sederhana : besar-kecil, gemuk-kurus, dan
membedakan 5 warna. Manfaatkan benda-benda nyata disekeliling anak.
Contoh : Anak-anak berdiri berjajar didepan cermin
agar dapat mengetahui perbedaan ukuran tubuh dirinya dan kawan-kawannya. Guru
meminta anak mengatakan hal-hal yang terlihat dicermin.
mebilang 1 sampai dengan 10 tanpa mengenal konsep.
Manfaatkan penggaris sebagai alat permainan edukatif atau kartu angka yang
disusun bagai urutan angka pada penggaris.
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu .................
1. berjalan dengan kaki stabil
2. berjingkat, berjalan dengan bertumpu pada ujung
kaki
3. meremas kertas menjadi bentuk bola
4. melempar bola kertas dengan tangan kanan dan
tangan kiri bergantian
5. melipatkan kertas dengan dua lipatan sederhana
Kegitan :
melakukan gerak dasar sederhana : berdiri tegak
dalam posisi bersiap. Lalu mengangkat dua lengan keatas sambil berjinjit. Lalu
kembali pada posisi semula. Gunakan lagu untuk mengiringi latihan ini agar
lebih menarik minat anak.
melakukan gerakan menggenggam dan membuka
genggaman. Latihan ini memeperkuat otot jemari tangan, untuk mendukung
kemampuan motorik halus.
tangan kanan dan kiri meremas menjadi bola. Lalu
melemparkan bola kertas ditangan kanan dan kiri bergantian.
melipat selembar kertas dengan beberapa kali
lipatan hingga menjadi kecil. Kegiatan melipat bisa dibilang menjadi sebuah
karya, misalnya saputangan, atau dompet.
VI. Pengembangan ........
Indikator : Anak Mampu ..........
bergerak sesuai dengan irama musik secara sederhana
menirukan ucapan syair lagu Puji-pujian
menyanyikan lagu : Pelangi dan beberapa lagu
anak-anak
melukis dengan jari
kegiatan :
Anak diajak meniru ucapan lirik lagu berulang-ulang
sampai anak dapat menirukan dengan tepat.
Sebagian lirik lagu Puji-pujian, dari kelompok
Raihan :
AsyhaduAllah ilaha illallah
Wa
asyhadu anna Muhammadarrasulullah
Tiada
Tuhan, selain Allah
Nabi
Muhammad, Pesuruh Allah
Alhamdulillah, pujian bagi Allah
Subhanallah, Maha Suci Allah
Allahuakbar, Allah Maha Besar
Segala Puji hanya bagi Allah
Lagu Puji-pujian diatas untuk memantapkan ucapan
kalimat keagamaan!
Membuat suatu karya dengan jari, misalnya
melukis,bermain playdough atau plastisin
Nyanyikan lagu : Pelangi, dan lagu lain sebagai
ungkapan mengagumi ciptaan Tuhan.
tolong pergunakan dg baik kepercayaan orang lain.jangan lihat harta atau kedudukannya. tapi lihatlah kenyataanya membusuk hatinya. apa sangat busuk hatiya waktulah yg menentukannya. Puji tuhan....
BalasHapus