Subscribe:

Labels

Minggu, 17 Februari 2013

CONTOH RKM RA


 Tema    : Diri Sendiri

 Sub Tema    : Siapa Aku



AKU CIPTAAN TUHAN YANG MAHA ESA


Tujuan Pembelajaran :

Anak mensyukuri bahwa dirinya adalah ciptaan Tuhan yang sempurna
Anak mulai berinteraksi dengan lingkungannya.



 I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Guru menceritakan mengenai ciptaan Tuhan yang beraneka ragam, kemudian guru memberikan contoh perbedaan yang merupakan anugrah Tuhan antara lain :

Ukuran Tubuh : Gemuk, Langsing, Kurus

Warna Kulit : Coklat, Kuning, Putih, Hitam

Tinggi Badan : Tinggi, Sedang, Pendek

Rambut : Lurus, Kriting, Ikal.

 
Penjelasan :

Mengawali setiap kegiatan dengan membaca Basmalah.

Bersyukur atas karunia Tuhan dengan mengucapkan Hamdalah.
Mengajak anak bersyukur serta mengucapkan Alhamdulillah (segala puji hanya bagi Allah semata), Subhanallah (Maha suci Allah), Allahuakbar (Allah yang maha besar).

 
Guru menjelaskan nama dan sifat-sifat Tuhan dari al Asmaul Husnah. Dua diantara sifat-sifat Tuhan yang paling sering disebut-sebut ialah : ar-rahman (Yang Maha Pemurah) dan ar-rahim (Yang Maha Penyayang).

 
    Indikator : Anak Mampu ...............

menirukan sikap berdoa

menyebut nama Tuhan

menyebutkan contoh ciptaan Tuhan

menirukan lagu-lagu keagamaan

mengucapkan kalimat santun : maaf....., atau tolong....

 
    kegiatan :

anak diajak mengenali beragam karunia Tuhan kepada dirinya. Kegiatan mengenali melalui cerita dan eksplorasi tubuh anak sendiri. Saat membacakan cerita berikut ini, ajaklah anak; misalnya menutup mata untuk membuktikan manfaat mata.

 

 
II. Pengembangan Sosial Emosional dan Kemandirian
    Indikator : Anak Manpu ...............
1. Bermain dengan teman-teman sebaya
2. Berpisah dengan orang tua tanpa menangis
3. Menunjukkan rasa sayang
4. Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya.

 
    Kegiatan :

guru mengajak anak-anak untuk saling berkenalan : berjabat tangan sambil menyebutkan nama diri

guru memfasilitasi terjadinya komunikasi diantara anak-anak, misalnya saling bertanya : kesekolah naik apa? Siapa yang mengantar ke sekolah?

guru mendorong keberanian anak untuk menunjukkan sikap mandiri serta menumbuhkan rasa percaya diri. Dapat dilihat pada saat anak bermain di dalam dan diluar kelas.

 
III.    Pengembanga Bahasa:
    Indikator : Anak Mampu ...........

menyebutkan nama diri dan orang tua

memberikan reaksi terhadap perintah yang diberikan

menyebutkan ciri-ciri tubuhnya sendiri

bercerita tentang dirinya dengan kalimat sederhana

menggunakan 3-4 dalam satu kalimat.

 
Kosa kata yang diperkenalkan :
- rambut lurus    - wajah lonjong    - hujan    - jujur
- rambut ikal    - angin    - anak sulung    - sopan
- rambut keriting    - awan    - anak bungsu
- wajah bulat    - mendung    - orang tua

 
Kegiatan :

anak mengamati dirinya dicermin agar dapat mengenali ciri-ciri tubuhnya. Guru meminta anak mengatakan hal-hal yang terlihat dicermin.

anak-anak mendengarkan cerita guru. Guru bercerita dengan menggunakan boneka tangan atau gambar.

anak memperkenalkan diri didepan kelas
misalya : Namaku ......, Umurku ......., Nama Ibuku ........., Nama Ayahku ......
  
IV. Pengembangan Kognisi
    Indikator : Anak Mampu ............

membedakan ukuran sederhana (besar dan kecil)

membedakan bentuk tubuh yang gemuk dengan yang kurus

menyebutkan dan menunjukkan 5 warna

menyebutkan urutan bilangan 1 sampai dengan 10 (tanpa mengenal konsep).
Kegiatan :

Anak diajak bereksplorasi menggunakan sensori metorik untuk mengenal konsep ukuran sederhana : besar-kecil, gemuk-kurus, dan membedakan 5 warna. Manfaatkan benda-benda nyata disekeliling anak.
Contoh : Anak-anak berdiri berjajar didepan cermin agar dapat mengetahui perbedaan ukuran tubuh dirinya dan kawan-kawannya. Guru meminta anak mengatakan hal-hal yang terlihat dicermin.

mebilang 1 sampai dengan 10 tanpa mengenal konsep. Manfaatkan penggaris sebagai alat permainan edukatif atau kartu angka yang disusun bagai urutan angka pada penggaris.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
    Indikator : Anak Mampu .................
1. berjalan dengan kaki stabil
2. berjingkat, berjalan dengan bertumpu pada ujung kaki
3. meremas kertas menjadi bentuk bola
4. melempar bola kertas dengan tangan kanan dan tangan kiri bergantian
5. melipatkan kertas dengan dua lipatan sederhana

 
Kegitan :

melakukan gerak dasar sederhana : berdiri tegak dalam posisi bersiap. Lalu mengangkat dua lengan keatas sambil berjinjit. Lalu kembali pada posisi semula. Gunakan lagu untuk mengiringi latihan ini agar lebih menarik minat anak.

melakukan gerakan menggenggam dan membuka genggaman. Latihan ini memeperkuat otot jemari tangan, untuk mendukung kemampuan motorik halus.

tangan kanan dan kiri meremas menjadi bola. Lalu melemparkan bola kertas ditangan kanan dan kiri bergantian.

melipat selembar kertas dengan beberapa kali lipatan hingga menjadi kecil. Kegiatan melipat bisa dibilang menjadi sebuah karya, misalnya saputangan, atau dompet.

 
VI. Pengembangan ........
     Indikator : Anak Mampu ..........

bergerak sesuai dengan irama musik secara sederhana

menirukan ucapan syair lagu Puji-pujian

menyanyikan lagu : Pelangi dan beberapa lagu anak-anak

melukis dengan jari

kegiatan :

Anak diajak meniru ucapan lirik lagu berulang-ulang sampai anak dapat menirukan dengan tepat.

 
Sebagian lirik lagu Puji-pujian, dari kelompok Raihan :

 
    AsyhaduAllah ilaha illallah
    Wa asyhadu anna Muhammadarrasulullah
    Tiada Tuhan, selain Allah
    Nabi Muhammad, Pesuruh Allah

 
        Alhamdulillah, pujian bagi Allah
        Subhanallah, Maha Suci Allah
        Allahuakbar, Allah Maha Besar
        Segala Puji hanya bagi Allah

 
Lagu Puji-pujian diatas untuk memantapkan ucapan kalimat keagamaan!


Membuat suatu karya dengan jari, misalnya melukis,bermain playdough atau plastisin
Nyanyikan lagu : Pelangi, dan lagu lain sebagai ungkapan mengagumi ciptaan Tuhan.

1 komentar:

  1. tolong pergunakan dg baik kepercayaan orang lain.jangan lihat harta atau kedudukannya. tapi lihatlah kenyataanya membusuk hatinya. apa sangat busuk hatiya waktulah yg menentukannya. Puji tuhan....

    BalasHapus